Wednesday, April 22, 2015

YOU'LL BE IN MY HEART [3]
BACK TO YELLOW JACKETS
Hari Senin, aku mulai masuk kuliah lagi, kupikir, pasti tugas-tugas sudah menumpuk, dan aku harus ngebut, agar SKS-ku mencapai target semester ini, meski fak sastra tidak ngetop seperti fak kedokteran, namun sebagai mahasiswa, tentunya aku dan cs ku harus tetap semangat, memang sih, lulusan sastra paling jadi dosen atau staf ahli, namun dengan jumlah media yang sangat beragam, peluang untuk hidup cukup besar...
Kupakai jaket kuning kebanggaanku, dan aku berangkat memakai avanza hadiah ultahku...
Kukecup kening istriku Xian Li, dan kubilang agar baik-baik di rumah.
Xian Li tersenyum manis.....
" Keke, ngga sarapan dulu..? " tanyanya..
Tadi pagi istriku nawarin aku makan pagi, tapi kutolak dengan alasan masih kenyang.....
Sampai di kampus, ternyata aku kepagian, baru pkl.07.30. sedang kuliah baru dimulai pkl.08.00, jadi aku jalan-jalan dulu ke kantin....
" Hey den Anton, kapan pulang..? " sapa bu Ros dengan ramah...
" Rabu kemarin bu, gimana, sehat-sehat saja..? " tanyaku...
" Alhamdullilah den, waras.." jawab bu Ros
Seorang pria tampak menemani bu Ros..
" Bapak ini siapa bu ? " tanyaku lagi..
" Oh, ini bapaknya anak-anak den Pak Jamaludin, kenalin, kemarin kerja, ikut proyek, jadi ga pernah kesini, sekarang lagi off, jadi bantuin ibu.." jelas bu Ros..
Pak Jamal mengulurkan tangannya sambil tersenyum, aku menjabatnya :
" Jamal den.."
" Anton.. " jawabku....
" Den Anton, kemarin pergi, katanya lamaran ya..? " canda bu Ros sambil senyum-senyum penuh arti.....
" Iya bu, " jawabku, sambil ngambil gorengan diatas meja...
" Minta tehnya ya pak.." kataku, biar pak Jamal ikut dalam suasana akrab..
" Iyaa den.." jawab pak Jamal...
" Adduh den !, maaf ya !..kirain ibu teh, den Anton sama non Silvia Sally Sung, hihi !, maaf yaa..? " kata bu Ros lagi....
Aku tertawa :" Ya, ngga apa-apa bu....!
Wong, namanya jodoh, kita kadang ga bisa ngerti..!" sahutku sambil menikmati tahu gorengnya bu Ros yang menjadi favorit di kampusku.....
" Iyaa, bener den, kaya bapak niih !, dulu itu, yang naksir bapak tuhh Sophia Latjuba den, eeh malah jadinya sama Rosalinda penjual gorengan..!! " canda pak Jamal dengan lucu..
Aku mendadak pengen ketawa mendengarnya, wah, klop nii suami istri, suka humor semua...pikirku...!
" Oalah, bapak ini, coba kalau bapak dulu tidak merayu-rayu ibu..huh..!
Mana ibu mau...?
Sophia Latjuba.? Ih...Supiyah kaleee..." bu Ros rupanya ga mau kalah sama suaminya....
Keduanya tertawa terpingkal-pingkal.....
Kemudian, aku membayar teh sama gorengan, baru ke kampus....
" Anton..!! welcome back....!! " gank-ku menyambut dengan gembira....
Kusalami mereka semua....
Tak lama kemudian, dosen baru masuk, namanya bu Rena Juwitasari, dia mengajar mata kuliah Sastra Indonesia dan Perkembangannya dengan Iptek..
Orangnya tinggi semampai, berbusana kantor, dengan celana panjang warna abu-abu yang modis, dipadu dengan blouse dengan warna yang sama, rambutnya pendek, jika sepintas, terlihat mirip Sarach Sehan, itu presenter TV yang cantik itu.
Waduh, kok dosen sastra tahun ini cakep-cakep yaa, pikirku, ini bakalan betah mahasiswanya kuliah...
" Ok, guys, hari ini saya akan melanjutkan kuliah yang kemarin ya, tentang perkembangan sastra Indonesia di medsos, khususnya di fb...
Ternyata, masih minim sekali grup-grup yang membahas perkembangan sastra, khususnya karya tulis, berupa puisi, cerpen dan cerbung....."
Entah mengapa, kantuk kembali menyerangku setiap dengar kuliah, apa suara para dosen itu bagaikan lagu nina bobo yaa ?
Aku celingukan, oo, rupanya aku baru sadar, Silvia diam saja dari tadi...
Aku menyentuh tangannya..." Sil..." bisikku....
Silvia mengerti...dia mengulurkan beberapa permen herbal, agar aku tidak ngantukkk....
" Dasarr sleepy-head..!" bisiknya sambil tersenyum....
Aku dan Silvia ngemut permen sambil mendengarkan kuliah bu Rena...
" Anton...!!! " tiba-tiba bu Rena memanggilku..
" Ya, bu..? "
" Saya lihat kamu mengantuk tadi, atau kamu merasa sudah pintar dan tidak perlu mendengarkan kuliah lagii..?? " kata bu Rena dengan ketus
" Maaf bu.." kataku....
" Ya sudah, cuci muka sana..!!
Perhatian buat semuanya yaa !! saya tidak suka ada mahasiswa yang mengantuk disaat saya memberikan kuliah, jika terjadi lagi, lebih baik yang bersangkutan keluar saja..!! " timpal bu Rena dengan garang......
Mendadak para mahasiswa diam semua, Silvia memuntahkan permennya...
Rupanya ini juga terlihat oleh mata elang Bu Rena :
" Silvia..!! Ambil muntahan permenmu dan buang keluar...!!!
Ini juga perhatian buat semua yaa..!!
Saya tidak mau, ulangi, tidak mau ada mahasiswa yang ngemut permen, disaat jam kuliah saya..
Jika masih ada lagi, slahkan diluar saja, tidak usah ikut kuliah....!!
Emangnya gw dagelan apa ketoprak..!! " kata bu Rena lagi....
Aku bangkit dan langsung ke toilet untuk cuci muka, sedang Silvia mengambil muntahan permen dan membuangnya keluar.....
Siangnya, di kantin, dosen Rena yang ternyata sudah dijuluki dosen Killer, oleh para mahasiswa, menjadi gunjingan yang tak sedap......
" Busyyeet tuh dosen..!! Galak bingits yaa..?? '" kataku....
" Ton, baru tahu yaa..??
Kemarin tuh si Eric sama si Boy juga diusir, gara-gara bercanda..! " kataJohan Lim
" Bercanda gimana...? " tanyaku...
" Iya, ngecandain dosen Rena....
Si Boy tanya, bu Rena umurnya berapa? Sedang Eric nanya, bu Rena sudah punya pacar belum? " kata Johan....
" Iyaa tuh dosen, dasar perawan *** " sahut Silvia.....
" Eh...die kesini tuh.." kata Martin.....
Gank-ku mendadak senyap......
Bu Rena, masuk kantin bareng bu Susanti
" Hey Ton..! gimana kabarnya..? Selamat yaa..! " kata bu Susanti sambil mengulurkan tangan...
Kujabat tangannya :" Baik, bu, makasih " jawabku....
[to be continued]

No comments:

Post a Comment

Mengenai Saya

My photo
Penulis dapat dihubungi di: Email: kresnagugah@gmail.com sunjaya73@gmail.com FB: https://www.facebook.com/kresna.gugah.77 BB: 7E749FBD

Search