Sunday, March 29, 2015



SHE ALWAYS IN MY HEART [11]

SHANGHAI...FULL OF LOVER

Dua hari lagi mahasiswa Indonesia akan pulang, meninggalkan Shanghai nan indah mempesona, kesempatan itu dipergunakan oleh para mahasiswa untuk bertukar nomor hp, alamat, berfoto bersama, berdoa bersama.
Akhirnya 20 mahasiswa Indonesia maju satu persatu, menceritakan kesan yang mereka dapatkan selama sebulan bersama disini, aku mendapat giliran pertama memberikan sambutan...
BU Susanti mempersilahkan aku untuk maju, terdengar tepuk tangan membahana saat aku melangkah naik keatas podium...kulihat wajah2 ceria, dan wajah penuh cinta dari Sian Li..

Aku tersenyum, kupandangi lagi para rekanku yang tercinta...

" NI HAU MA....???!!! " kataku dengan keras...

GRR !!! dan applaus dari semuanya....

" Tiga bulan yang lalu, para dekan, dosen yang terhormat dan rekan2ku sekalian, aku berkunjung kesini, sendirian, dana dari hasil tulisanku di berbagai koran dan majalah..
" Tiga bulan yang lalu....aku bertanya-tanya..dimanakah dahulu kakek buyutku tinggal??
apa kesibukannya sehari-hari..??dan bagaiman kehidupan sehari-hari penduduk Shanghai, yang katanya kakek-buyutku juga berasal dari sini....??
Dan saat aku mencoba menarik rickshaw, saat aku berjalan menyusuri jalan2 di kota ini...
Aku telah jatuh cinta..pada Shanghai.......!!! "

Tepuk tangan kembali membahana...... !!!

Dan, saat aku pulang, kembali ke Jakarta...hatiku masih berada disini.....
Namun kemudian aku sadari....
Kehidupan di Jakarta juga sama, penduduknya juga sama2 mengais rejeki setiap hari...
Jadi, dimanapun kita berada, jika kita mencintai kota kita, kita akan hidup dan bahagia didalamnya...!!

Sekian..dan terima kasih..." kataku mengakhiri sambutanku...

Tepuk tagan kembali bergema.....

Bu Susanti menyalamiku.....
" Bravo Anton, sambutanmu pendek, tetapi sangat bermakna..!! " katanya...
" Makasih bu.." jawabku....

Giliran rekan2 lainnya yang maju, disambut grr-grr-an juga, kebanyakan salah mengerti dalam berbahasa yang akhirnya melahirkan peristiwa2 yang lucu...

Siangnya aku jalan2 berdua saja dengan Sian Li ke taman kota...
Kugandeng tangannya sambil berjalan pelan, beberapa lansia tersenyum manis melihat kami, kadang aku melirik ke arah Sian Li, yang juga kerap mencuri pandang kearahku.....
Ditepi kolam, kami duduk bersanding...
Tampak juga muda-mudi yang berduaan...
" Taman yang bagus...." kataku...
" Hiyaa.." kata Sian Li....
" Hee lihatlah, banyak pasangan kekasih...." kataku..
" He'eh...." jawab Sian Li.....
" Mereka pacaran..?? " tanyaku....
" Maybe..." jawab Sian Li....
" Lhaa..kalau kita...?? " tanyaku....
" I don't know...." jawabnya...

Dengan manja, kubaringkan kepalaku kepangkuan Sian Li, Sian Li diam saja, tangannya membelai rambutku
" Kamu cantik, moymoy..." kataku merayu...
" Ahh keke..." jawabnya " Aku biasa saja.."...
Kupejamkan mataku, jadi teringat lagunya pop Indonesia...
Serasa..nikmat dan sejuknya
bila kekasih, tidur dipelukan...
membentang, cahaya alam...

tanpa terasa, aku tertidur pulas....
[esoknya dia bilang aku tertidur pulas seperti bayi dalam pelukannya.....]

Satu jam kemudian, aku terbangun, yang pertama-tama kuihat adalah wajah cantik Sian Li..
Aku segera duduk.." Maaf moy.. aku ketiduran.."
" Gapapa keke...." sahutnya....
Beberapa anak kecil bermain bola plastik, tiba2 akupun kepingin.....
Aku menghambur bersama anak2 itu, rupanya mereka senang juga..
Kulihat Sian Li juga sedang memandangi aku...
Aku mendekatinya, kutarik tangannya dan kami bermain bola, bersama anak2 itu....

Tanpa terasa, hari sudah sore, aku berjalan lagi dengannya, kembali kugandeng tangannya..
Kurasakan kelembutan da halusnya jemari SIan Li dalam genggamanku...
Kali ini akulah yang mengantar Sian Li pulang kerumahnya...
Aku mampir sebentar....Memey menyambutku dengan riang..
" Keke Anton.." katanya....
Papa dan mama Sian Li menyambutku juga, kusalami Oom Tian An dan Tante Song dengan ramah, mereka rupanya sudah tahu aku pacar anaknya, tak henti2nya Tante Song menggenggam tanganku, seolah-olah berpesan : ' Jangan sia2kan anakku yaa..'
Beberapa saat kami mengobrol, Oom Tian An mendoakan agar aku bisa cepat2 lulus, demikian juga dengan tante Song, sementara Sian Li, menunduk dengan malu2 di kursinya..
Setelah agak lama berbincang, akupun pamit pulang.....

----------------------------------------

Malamnya, Silvia datang menemui aku, kuajak ngobrol di teras, ga enak sama Martin, teman sekamarku..

Silvia duduk dan diam , kucoba mencairkan suasana..
" Hey, gimana kabarmu..?? "
" Baik.." katanya...
" Akai, mau melamarku..." katanya....
" Baguslah..." kataku.....
" Aku...masih ragu..." ujarnya lagi..." Baru sebulan berkenalan..."
Aku dulu, sewaktu kecil, punya teman baik, cewek, tetangga, cantik..." kataku
" Dan besar bersama-sama, kukira aku mencintainya...." kataku.....

" Terus...?? " tanya Silvia....
" Ternyata tidak, karena kenal terlalu dekat, akhirnya aku hanya menganggapnya sebagai sahabat atau keluarga, tapi bukan kekasih...." lanjutku...
" Jadi itukah anggapanmu padaku, karena kita setiap hari bertemu, akhirnya kau tak bisa mencintai aku lagi, dan hanya menganggap aku temanmu, begitu...?? " tanya Silvia...

" Bukan.." kataku " Kamu adalah hal yang bebeda, yaa...dulu aku pernah bermimpi jadi kekasihmu...
dan aku cemburu pada setiap pria yang mendekatimu, tapi seiring berjalannya waktu, tiba2 sayangku berubah menjadi sayang seorang kakak terhadap adiknya, aku tak mau kamu disakiti oleh siapapun, juga aku tak mau menyakitimu, tapi kamu harus tahu juga, cinta memang tak bisa dipaksakan..
Demikian juga saat aku bertemu dengan Sian Li, aku tak sengaja hendak memburunya, semua terjadi begitu saja, bagai air yang mengalir........." 

" Hyaa, aku tahu, bukan dirimu yang memilih....hatimu lah yang memilih....!!

Jangan kuatir sleepy head.....!!
Aku akan menerima lamaran Akai....
Semoga kamu berbahagia...!! " Silvia berkata agak ketus.......

Kemudian dia bangkit, dan meninggalkan aku sendiri......



[to be continued]

No comments:

Post a Comment

Mengenai Saya

My photo
Penulis dapat dihubungi di: Email: kresnagugah@gmail.com sunjaya73@gmail.com FB: https://www.facebook.com/kresna.gugah.77 BB: 7E749FBD

Search