Saturday, December 27, 2014



CATATAN KRONOLOGIS REUNI 81BEKA KAMIS,

25 DESEMBER 2014 DI RM NERA MAJALENGKA [1]
" MENUJU VISI DAN MISI YANG LEBIH BERARTI "
Penulis berangkat dari Purwokerto pkl 12.30 hari Rabu, 24 Desember, sampai di Kadipaten pkl. 19.30, penulis dan Sony Dewantara alias Bintang Timur, mencari penginapan sambil menikmati malam yang selalu ramai di Kadipaten.
Meski hanya kota kecamatan, namun karena letaknya yang strategis, Kadipaten malahan lebih ramai daripada Kabupaten Majalengkanya sendiri..
Banyak pedagang buah, sayuran dan makanan yang masih berjualan di Pasar Kadipaten meski telah pkl. 21.00, ketika penulis tanya pada gerobak fried chicken, sampai jam berapa biasanya jualan di malam hari ??,
si akang menjawab sampai pkl. 02 pagi....
Setelah puas dan capek berjalan-jalan akhirnya penulis n Sony beristirahat pkl. 22.00 di hotel Saputra Kadipaten.
Esok paginya, penulis n Sony sarapan bubur ayam yang lezat di depan hotel, tak dinyana, ada sekeluarga juga yang mampir dan makan disitu, si bapaknya orang Semarang dan siibunya asli Majalengka dan pernah sekolah di SPG [Sekolah Pendidikan Guru, yang kini telah dihapus] Majalengka.
Penulis sempat terlibat dalam obrolan yang hangat dan bersahabat dengan keluarga tersebut....
Setelah agak siang, penulis n Sony bersiap-siap untuk mengunjungi sobat seangkatan penulis n masih famili jauh penulis juga di Majalengka, sdr Benny Rustandy, sampai di rumah Benny alias Beben penulis n Sony disambut dengan hangat, setelah bertukar nomor hp terbaru, penulis mengajak Benny untuk ikut menghadiri reuni bersama..
Sayangnya Benny n keluarga sedang ada acara natal di gereja GPI [Gereja Penyebaran Injil] pkl 09.00 malahan Benny mengajak penulis n Sony untuk natalan dahulu di gereja tersebut, karena reuni dimulai pkl. 11.00, jadi masih ada waktu 2 jam an, maka penulis n Sony menerima ajakan itu, sambil bernostalgia, karena masa kecil penulis juga pernah jadi murid sekolah minggu GPI.
Menjelang pkl. 11.00 penulis n Sony diantar oleh Benny ke lokasi reuni, RM Nera, sayangnya Benny ga bisa ikut, karena ada acara lain..
Pkl. 11.05 penulis n Sony sampai di lokasi, ternyata lokasi rumah makannya agak jauh dari jalan raya, suasana pedesaan jadi makin kental terasa, ada kolam ikan disebelah ruang pertemuan yang dihiasi oleh ikan2 emas dan kura2, menambah sejuk dan asri suasananya karena disekeliling ruang pertemuan itu berupa taman.
Musik sudah berkumandang, dan beberapa teman nampaknya sudah hadir, Bramanto dan Ana Geboy [ hehehe, demikian julukannya ] yang dulu masuk kelas bahasa bersama Rini Garini Darsodo, sedang berduet n sontak memanggil nama penulis, ketika masuk ruangan.
Nampak juga Evie Yanto Muskat, Ika, Nunuy, Memet Rahmat sudah ada dan suasana terasa hangat dan ceria dengan iringan musik organ tunggal...
Rupanya rombongan dari Bandung yang membawa Ali Ramadhan, [Ketua Sibeka 81], Dyah Yanti T,[bendahara] Iis Intan Prihatini [Iis Jayeng], Ade Ahmad Suradi, Yudy Hendrayana, Tati N, Ena Heriyana, Dudi Rahmat, Iwa K, Euis Puspitawati, Pipih dll kl 16 orang ternyata belum datang..
Agus Sukmajaya [sekarang Penilik Sekolah SLTA],datang ke lokasi berbarengan dengan Abdul Syukur dan Sadili Sulaiman yang segera terlibat pembicaraan dan keakraban yang hangat bersama penulis dll.
Tak lama kemudian, rombongan dari Bandungpun tiba, yang disambut dengan meriah oleh crew n kel Sibeka 81.
Wah, ini baru rame betulan, peluk cium, canda tawa benar2 terasa hangat, akrab dan meriah sekali, suasana terasa kembali ke zaman th 80-81 an saat masih sama2 SMA, makanan, minuman beraneka macam segera keluar, namun penulis dan beberapa teman hanya memilih yang sehat untuk tubuh saja, maklum, penulis, Ali, dan Ade Suradi pernah sakit gara2 pola makan sembarangan, jadi harus extra hati2 agar bisa ikut lagi acara reuni berikutnya...hehehe...
Musik berirama dang dut makin menambah semarak suasana, beberapa teman menyumbangkan suara emasnya ala Doel Sumbang, hehehe.....
Menjelang dhuhur, acara rehat sejenak karena kawan penulis yang 95% muslim melaksanakan ibadah sholat.
Setelah itu, acara kembali berlanjut dengan berbagai game dan door prize 2 buah hp Andromax C3, sumbangsih H Dedi Ardjasoebrata [ di SMA dulu dipoyokan/dijuluki Dede Kiplik..hehehe]] yang dimenangkan oleh Iwa n Dani Sukmadiani, namun pemenang tidak boleh senang dulu, harus mecahin balon yang berisi "misi rahasia" ala mission impossible, harus dibaca dimuka umum, eeh teman2 n harus dilaksanakan..
Iwa kebagian misi menceritakan kisah yang paling berkesan, disini terungkap, bahwa masa sma dulu, Iwa pernah disangka mencuri rokok oleh bp Suganda [guru sejarah] ,karena tak merasa berbuat, Iwa tak mau mengaku sampai membuat pak Suganda marah yang berujung perkelahian antara keduanya sampai baju seragam Iwa robek.
Belakangan terungkap bahwa yang mengambil rokok pak Suganda adalah sdr Cahya [alm, yang tentunya hanya mau menggoda saja]
Sifat jahil atau nakal dikalangan siswa, sampai sekarangpun masih ada dan banyak terjadi, sebenarnya seh, bukan bermaksud kurang ajar, hanya ingin melucu saja, penulis juga pernah jahil pada guru senirupa, yang menjadi wali kelas 3 IPA1,pak guru ini paling suka bilang "brosuurr" dengan bibir [maaf] majuu sampai bulat n khas sekali, nah waktu pak guru ini sedang menerangkan sesuatu didepan siswa, pas penulis berdiri di belakangnya, spontan saja penulis menirukan gayanya yang membuat teman2 tertawa cekikikkan, rupanya pak guru tahu ada yang ngga beres dibelakangnya, dia langsung menoleh dan penulis tertangkap basah sedang meniru "orasinya", dengan spontan pula pak guru menjewer kuping penulis...hehehe....
Pengalaman Dani Sukmadiani lain lagi, saat pelajaran bahasa Inggris, bp Rojak, meletakkan kacamatanya yang putih di meja, dan menulis di papan tulis, saat itulah iseng Dani muncul, dengan spidol, dicoret-coretnya kacamata pak Rojak dehingga menjadi hitam..
Soo sewaktu pak Rojak balik ke meja dan mulai membaca buku, jadi heran coz penglihatannya jadi gelap, diikuti tawa tertahan beberapa siswa yang tahu, setelah beberapa kali bolak-balik halaman buku yang gelap, pak Rojak mencopot kacamatanya, dan tahulah beliau bahwa ada siswa yang telah mencoret-coret lensa kacamatanya dengan spidol hitam....
Oooh pak guru, maafkan kenakalan kami....

No comments:

Post a Comment

Mengenai Saya

My photo
Penulis dapat dihubungi di: Email: kresnagugah@gmail.com sunjaya73@gmail.com FB: https://www.facebook.com/kresna.gugah.77 BB: 7E749FBD

Search